SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP
Kelas : VII
Semester : I(satu)
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Hindu
Standar Kompetensi : Sradha
Meyakini Kemahakuasaan Sanghyang Widhi Tuhan sebagai Asta Aiswarya
Kompetensi Dasar | Karakter | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |||||||
1.1 Menguraikan ajaran Asta Aiswarya | · Percaya diri · Kereligius | · Pengertian Asta Aiswarya | 1. Membaca referensi tentang Asta Aiswarya 2. Menemukan pengertian Asta Aiswarya melalui kegiatan membaca beberapa sumber buku 3. Mendiskusikan pengertian Asta AAiswarya secara berkelompok 4. Menyimpulkan hasil diskusi tentang pengertian Asta Aiswarya 5. Mempresentasikan hasil diskusi penuh dengan 6. Bersyukur kepada Sanghyang Widhi atas segala kemahakuasaanya | 1. Menguraikan pengertian Asta Aiswarya ditinjau dari segi etimologi 2. Menjelaskan pengertian Asta Aiswarya dengan rumusan bahasa yang lengkap 3. Menyatakan Asta Aiswarya sebagai tanda kehadiran Tuhan 4. Merasa nyaman dan aman berada ditengah hadirat Tuhan | 1. Tes tulis 2. Tes tulis 3. Tes kinerja 4. Tes penilaian diri | 1. Uraian 2. Pilihan ganda 3. Identifikasi 4. Lembar penilaian diri | 1. Jelaskan etimologi kata Asta Aiswarya ? 2. Delapan sifat kemahakuasaan Sang Hyang Widhi disebut... a. Asta Dala. b. Asta Brata c. Asta Aiswarya. d. Asta Wara 3. Identifikasi tanda-tanda kehadiran Tuhan 4. Terlampir | 2x40 | 1. undaka Upanisad 2. Buku paket agama Hindu Kls. 7 3. Tampilan visual (gambar) 4. Referensi yang terkait 5. Buku LKS |
1.2 Menguraikan arti dan makna bagian-bagian Asta Aiswarya | ·Kereligius · Kejujur | · Bagian-bagian Asta Aiswarya | 1. Membaca referensi tentang bagian-bagian Asta Aiswarya 2. Mendiskusikan tentang bagian-bagian Asta AAiswarya secara berkelompok 3. Menyimpulkan hasil diskusi tentang bagian-bagian Asta Aiswarya. 4. Mempresentasikan hasil diskusi dengan penuh 5. Merefleksikan ajaran Asta Aiswarya untuk mempertebal iman/sradha dan bhakti kepada Tuhan Yang Maha Esa | 1. Menyebutkan bagian-bagian Asta Aiswarya 2. Menjelaskan arti masing-masing bagian Asta Aiswarya 3. Meyakini sifat-sifat kemahakuasaan Sanghyang Widhi(kejujur) 4. Menyebutkan tanggapan manusia tertahap kemahakuasaan Tuhan 5. Menyusun untaian pujian dalam bentuk doa puisi atau lagu 6. Merencanakan dan melaksanakan tindakan nyata dalam bentuk doa bersama dan sembahyang | 1. Tes tertulis 2. Tes tulis 3. Tes tulis | 1. Tes uraian 2. Tes uraian 3. Tes Uraian | 1. Sebutkan delapan bagian dari Asta Aiswarya ! 2. Jelaskanlah arti masing-masing bagian Asta Aiswarya ? 3. Bagaimana cara meyakini sifat –sifat kemahakuasaan Sanghyang Widhi ! | 4x40 | 1. Referensi yang terkait 2. Tampilan visual(gambar) 7. Buku paket 8. Buku LKS |
1.3 Menunjukkan contoh-contoh kemahakua- saan Sanghyang Widhi/Tuhan sebagai Asta Aiswarya | · Kereligius · Kecerdasan | ●Kemahakuasaan Sang Hyang Widhi | 1. Mengamati kemahakuasaan Tuhan yang terjadi di alam semesta 2. Menemukan contoh contoh Asta Aiswarya 3. Menunjukkan bukti perbedaan kemahakuasaan Sanghyang Widhi dengan kekuasaan manusia 4. Melakukan repleksi diri terhadap sifat –sifat kemahakuasaan Tuhan | 1. Mengagumi rahasia alam semesta ciptaan Tuhan 2. Menemukan contoh- contoh Asta Aiswarya dalam kehidupan nyata 3. Membedakan kemahakuasaan Sang Hyang Widhi dengan kekuasan manusia dengan | 1. Tes Tulis 2. Penugasan | Tes Uraian | 1. Sebutkan masing-masing satu contoh sifat-sifat kemahakuasaan Sanghyang Widhi yang terdapat pada Asta Aiswarya ! 2. Jelaskan perbedaan kemahakuasaan Tuhan dengan kekuasaan manusia ? | 4x40 | 1. Buku paket Pendidikan Agama Hindu 2. Majalah Media Hidu 3. Alam/lingkungan |
Standar Kompetensi : Kepemimpinan
2. Memahami ajaran kepemimpinan Hindu
Kompetensi Dasar | Karakter | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |||||||
2.1. Menguraikan pengertian pemimpin dan kepemimpinan. | · Keingin tahuan · Kecerdasan | ● Pemimpin dan Kepemimpinan | 1. Mewawancarai beberapa guru sebagai Nara Sumber dilingkungan sekolah tentang pengertian Pemimpin dan Kepemimpinan 2. Mendiskuskian perbedaan pengertian Pemimpin dan Kepemimpinan 3. Menyimpulkan pengertian Pemimpin dan kepemimipinan 4. Mempresentasikan perbedaan pemimpin dengan kepemimpinan di depan kelas dengan penuh | 1. Menguraikan pengertian pemimpin 2. Menguraikan pengertian kepemimpinan 3. Membedakan pengertian pemimpin dengan kepemimpinan | 1.Tes tulis 2.Tes tulis 3.Tes tulis | 1.Tes Uraian 2.Tes uraian 3.Tes uraian | 1. Rumuskanlah pengertian pemimpin dari sudut pandang agama Hindu ? 2. Uraikanlah pengertian kepeminpinan ? 3. Dimanakah letak perbedaan kata pemimpin dengan kepemimpinan? Jelaskan ! | 2x40 | 1. Buku teks kepemim pinan umum 2. Buku teks kepemimpinan Hindu 3. Biografi Tokoh-tokoh Hindu |
2.2. Menjelas- kan ajaran kepemimpinan dalam Asta Bratha | · Keingin tahuan · Menghargai keberagaman | ● Konsep Kepemimpinan Hindu dalam Asta Bratha | 1. Mencermati konsep kepemimpinan Hindu yang tertuang dalam Asta Brata 2. Menunjukkan karakter kepemimpin Hindu yang ada dalam Asta Brata 3. Mengidentifikasi keunggulan masing-masing karakter kepemimpinan Asta Bratha 4. Pemodelan pola kepemimpinan hindu yang tertuang dalam Asta Brata 5. Menerapkan kepemimpinan Hindu untuk diri sendiri sebagai siswa yang kreatif, percaya diri, dan suka pada tantangan. | 1. Menjelaskan konsep kepemimpinan Hindu dalam Itihasa Ramayana 2. Menyebutkan karakter kepemimpinan dalam Asta Bratha 3.Mendemonstrasikan karakter kepemimpinan yang ada dalam asta bratha dengan | 1. Tes tulis 2. Tes lisan 3. Tes pratik(unjuk kerja) 4. Tes pratik(unjuk kerja) | 1. Tes Uraian 2. Draf Pertanyaan 3. Tes Identifikasi 4. Simulasi | 1.Jelakanlah konsep kepemimpinan Hindu? 3. Sebutkanlah karakter kepemimpinan dalam asta brata ? 4. Identifikasi kepemimpinan yang berada dalam cerita Ramayana 4. Coba Repleksikanlah kepemimpinan Hindu dalam kegiatan sehari hari. | 2x40 | 1.Buku teks kepemim pinan umum 2.Video Mahabarata 3.Video 4.Kitam Menawa Dharmasastra Bab VII dan IX |
2.3 Menunjuk-kan contoh-contoh kepemimpi-nan dalam Asta Bratha | · Tanggungjawab · Ketangguhan | ● Karakter Kepemimpinan Asta Brata | 1. Mengamati tayangan CD tentang cerita Ramayana 2. Menemukan karakter kepemimpinan yang terdapat dalam Asta Bratha 3. Menemukan contoh-contoh kepemimpinan yang tangguh ditinjau dari Kepemimpinan Asta Bratha. 4. Merepleksikan dampak positif kepemimpinan Asta Brata 5. Meneladani kepemimpinan yang tangguh dan bertanggungjawab | 1. Membandingkan masing-masing karakter kepemimpinan dalam Asta Bratha 2. Menunjukan contoh-contoh kepemimpinan yang tangguh dalam Asta Bratha 3. Meneladani pemimpin yang jujur, bijaksana,peduli dan tangguh. | 1.Penugasan 2.Unjuk kerja 3.Penilaian diri | 1.Tugas rumah 2.Simulasi 3.Lembaran penilaian diri | 1. Bandingkanlah masing-masing karakter kepemimpinan dalam Asta Brata 2. Coba kamu tunjukan contoh-contoh kepemimpinan yang ada dalam Asta Brata 3. Terlampir | 4 x 40 | 1. Buku teks kepemim pinan umum 2. Video Mahabarata 3. Video Ramaya na 4. Kepala sekolah |
0 komentar:
Posting Komentar