Pengenalan IPV6

Written By Unknown on Senin, 19 Desember 2011 | 08.16

IPV6
IPv6 adalah pengganti IPv4. IPv4 dan IPv6 adalah protokol internet yang menggunakan semua jaringan untuk berkomunikasi. IPv4 masih mendominasi hari ini di internet. Alasan untuk IPv6 sederhana, dunia kehabisan alamat IPv4. Jadi IPv6 diciptakan pada tahun 1998 untuk menciptakan lebih banyak tersedia alamat IP publik. IPv4 memberi Anda sekitar 4 milyar alamat. Untuk menempatkan ini dalam ukuran perspektif subnet sendirian di IPv6 adalah 2 pangkat 64. Atau kuadrat dari seluruh internet IPv4. Untuk lebih menempatkan ini dalam perspektif dengan IPv6 Anda dapat memiliki 340000000000000 triliun triliun alamat yang unik. IPv6 menggunakan 128-bit alamat IPv4 yang hanya menggunakan alamat 32-bit. Hal ini sangat meningkatkan jumlah IP yang tersedia. Ini menghilangkan kebutuhan untuk NAT atau Network Address Translation.

                alamat IPv6 ditulis sebagai berikut 112: ec9: 97b4:: 9b3f: 481:8445. alamat IPv6 biasanya dipecah menjadi 2 bagian logis. The 64-bit untuk subnet dan 64-bit untuk bagian host. Alamat broadcast tidak lagi ada di IPv6 Anda sekarang memiliki tiga jenis alamat. Mereka adalah unicast, anycast, dan multicast. Unicast adalah alamat unik mengidentifikasi untuk tuan rumah. Anycast adalah alamat yang unik untuk sebuah kelompok host, biasanya terletak di lokasi fisik yang berbeda, sehingga data dapat mengalir ke yang terdekat. Multicast tidak berubah ini memungkinkan Anda untuk mengirimkan sebuah paket ke beberapa host.

Cara Konek ke IPv6 dari IPv4 dengan Miredo
Jika jaringan komputer kita hanya memiliki IPv4, sedangkan kita ingin menghubungi server dengan IPv6, kita bisa membuat tunnel ke host yang memiliki IPv4 dan IPv6 yang kemudian host tersebut akan meneruskan koneksi kita ke server IPv6 tersebut. Pembuatan tunnel ini bisa kita lakukan secara manual dan juga bisa secara otomatis dengan memakai software miredo. Dengan software miredo, kita tidak perlu melakukan konfigurasi ini dan itu, dengan memakai miredo di debian dan ubuntu. Tinggal install dan kita bisa langsung nyambung ke IPv6 tanpa perlu melakukan konfigurasi apapun.
Untuk mengecek apakah sudah jalan atau belum, kita bisa melakukan ping6 ke host ipv6.google.com
$ ping6 ipv6.google.com
PING ipv6.google.com(2404:6800:8005::68) 56 data bytes
64 bytes from 2404:6800:8005::68: icmp_seq=1 ttl=58 time=163 ms
64 bytes from 2404:6800:8005::68: icmp_seq=2 ttl=58 time=250 ms
64 bytes from 2404:6800:8005::68: icmp_seq=3 ttl=58 time=161 ms
64 bytes from 2404:6800:8005::68: icmp_seq=4 ttl=58 time=160 ms
64 bytes from 2404:6800:8005::68: icmp_seq=5 ttl=58 time=164 ms

Perbedaan ipv4 dan ipv6
Ipv4:
·         Panjang alamat 32 bit (4 bytes)
·         Dikonfigurasi secara manual atau DHCP IPv4
·         Dukungan terhadap IPSec opsional
·         Header mengandung option.
·         Tidak mensyaratkan ukuran paket pada link-layer dan harus bisa menyusun kembali paket berukuran 576 byte.
·         Fragmentasi dilakukan oleh pengirim dan  ada router, menurunkan kinerja router.
·         Checksum termasuk pada header.
·         Menggunakan ARP Request secara broadcast untuk menterjemahkan alamat IPv4 ke alamat
link-layer.
·         Untuk mengelola keanggotaan grup pada subnet lokal digunakan Internet Group Management Protocol (IGMP).

 Ipv6:
·         Panjang alamat 128 bit (16 bytes)
·         Tidak harus dikonfigurasi secara manual, bisa menggunakan address autoconfiguration
·         Dukungan terhadap IPSec dibutuhkan
·         Data opsional dimasukkan seluruhnya ke dalam extensions
header
·         Paket link-layer harus mendukung ukuran paket 1280 byte dan harus bisa menyusun
kembali paket berukuran 1500 byte
·         Fragmentasi dilakukan hanya oleh pengirim
·         Cheksum tidak masuk dalam header.
·         ARP Request telah digantikan oleh Neighbor Solitcitation secara multicast.
·         IGMP telah digantikan fungsinya oleh Multicast Listener Discovery (MLD)


Kelebihan Ipv6
                
                     Sementara kelebihan atau solusi yang terdapat di dalam desain IPv6 adalah salah satu pemicu percepatan implementasi. Kelebihan-kelebihan IPv6 adalah sebagai berikut:
1. IPv6 merupakan solusi bagi keterbatasan alamat IPv4 (32 bit). IPv6 dengan 128 bit memungkinkan pengalamatan yang lebih banyak, yang memungkinkan IP-nisasi berbagai perangkat (PDA, handphone, perangkat rumah tangga, perlengkapan otomotif).
2. Aspek keamanan dan kualitas layanan (QoS) yang telah terintegrasi.
3. Desain autokonfigurasi IPv6 dan strukturnya yang berhirarki memungkinkan dukungan terhadap komunikasi bergerak tanpa memutuskan komunikasi end-to-end.
4. IPv6 memungkinkan komunikasi peer-to-peer tanpa melalui NAT, sehingga memudahkan proses kolaborasi / komunikasi end-to-end: manusia ke manusia, mesin ke mesin, manusia ke mesin dan sebaliknya.
Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam proses migrasi adalah:
  • Mengidentifikasi kesiapan perangkat eksisting terhadap protokol IPv6
  • Mengidentifikasi kesiapan layanan, produk dan operating system eksisting untuk mendukung layanan IPv6
  • Menyusun migrasi dan tindak lanjut pengembangan jaringan dan layanan untuk mendukung implementasi protokol IPv6. Termasuk didalamnya adalah skenario di masa transisi.
Kendala kendala dalam melakukan migrasi dari ipv4 ke ipv6:
  • Kesiapan CPE yang ready IPv6 di pasaran
  • Tantangan pengembangan layanan dan content berbasis IPv6, dimana dominasi content saat ini adalah masih berbasis IPv4
  • Proses migrasi menuju implementasi all IPv6 akan membutuhkan biaya tambahan berupa implementasi perangkat transalasi terutama pada masa transisi

Network Security dan IPv6
           Pertama, kita perlu memahami arti dari “keamanan jaringan”, dalam rangka untuk memahami hubungan itu dengan IPv6. Di internet konsep keamanan biasanya terfokus pada keamanan data, authentification data dan privasi. Dalam tahun-tahun terakhir keamanan jaringan telah diperluas.Menghindari titik tunggal kegagalan sambil membangun jaringan membantu membuat mereka dapat diandalkan ketika masalah terjadi pada bagian lokal. Dengan cara ini keamanan jaringan telah berkembang dan sekarang membuat internet mampu melawan dalam menghadapi bencana alam atau serangan fisik.Membiarkan yang lebih sederhana penggelaran jaringan tanggap darurat, IPv6 menawarkan manfaat yang besar di kedua daerah. Dengan keamanan data unggul, IPv6 memungkinkan kita untuk memiliki jaringan yang lebih kuat.

Data Security
                 Keamanan Protokol Internet (IP Security) menyediakan < > Dukungan untuk data enkripsi, authentificaton pengguna dan integritas data. IPv6 memiliki dukungan untuk IP Security dan diharapkan bahwa cara ini Internet Protocol keamanan akan lebih banyak tersedia di akhir-node IPv6.Dengan dukungan untuk IP Security, IPv6 harus menciptakan ketersediaan lebih luas akhir-node implementasi. IPv6 akan membuat penyebaran dan pelaksanaan jaringan darurat lebih mudah dengan alamat yang disertakan konfigurasi otomatis tanpa kewarganegaraan. Singkatnya, IPv6 akan membuat hidup kita lebih aman yang lebih aman.Tercepat dan termudah “apa yang saya ip” layanan untuk mengetahui IPv6.















0 komentar:

Posting Komentar