Karakteristik dan keuntungan GSS

Written By Unknown on Selasa, 05 Juni 2012 | 18.30


Karakteristik GSS
1.  GSS adalah sistem informasi yang dirancang secara khusus, bukan secara sederhana, yang merupakan konfigurasi dari komponen sistem yang telah ada.
2.  Sistem ini dirancang untuk tujuan mendukung kelompok pengambil keputusan dalam melaksanakan tugasnya. Karenanya, GSS harus meningkatkan proses pengambilan keputusan atau hasil dari suatu kelompok.
3.  GSS mudah untuk dipelajari dan digunakan. Sistem ini mengakomodasikan pengguna dengan berbagai tingkatan pengetahuan komputerisasi.
4.  GSS dapat dirancang untuk satu tipe masalah atau untuk beragam tingkatan kelompok organisasi keputusan.
5.  GSS dirancang untuk mendorong aktivitas-aktivitas, seperti penghasilan ide, penyelesaian konflik, dan pemberian pendapat yang independen.
6.  GSS memiliki mekanisme terpasang yang dapat meminimalkan berkembangnya prilaku negatif kelompok, seperti konflik destruktif, miskomunikasi, ataupun pemikiran terkotak-kotak.
GSS dapat juga dikatakan sebagai suatu sistem pendukung kelompok (group sistem pendukung - GSS) terpisah yang lebih luas atau sistem pertemuan elektronik (electronic meeting sistems - EMS).

Suatu konfigurasi GSS yang umum adalah adanya suatu kelompok pengambil keputusan yang bertemu dalam suatu fasilitas khusus yang biasanya di ruang keputusan (decision room), dengan akses ke perangkat lunak GSS dan mungkin saja ke suatu basis data dan suatu basis model. Suatu kelompok fasilitator mengoordinasikan kelompok tersebut dalam penggunaan teknologinya.


Ada banyak keuntungan untuk GSS

Keuntungan termasuk  anonimitas komunikasi, paralel, otomatis pencatatan struktur, lebih dan peningkatan produktivitas. Anonimitas memungkinkan ide-ide untuk dipertukarkan yang mempromosikan peningkatan partisipasi oleh kelompokanggota dan memungkinkan informasi lebih lanjut untuk dibagikan Anggota kelompok karena itu tidak merasa takut ditertawakan dari anggota kelompok lain dan peserta merasa kurang dipaksa untuk menyesuaikan diri dengan kelompok atau bos pendapat

            Dalam pertemuan FTF, orang harus mendengarkan orang lain berbicara
dan tidak dapat berhenti sejenak untuk berpikir, tapi GDSS memungkinkan setiap orang
untuk berbicara secara paralel. Dalam pertemuan tradisional masing-masing
orang hanya memiliki beberapa menit untuk mengekspresikan ide-ide. GSS
memungkinkan komunikasi sepanjang seluruh pertemuan.Peningkatan partisipasi dan sinergi kelompok hadir.Kelompok sinergi terjadi karena anggota kelompok
dapat menggunakan sebuah ide dengan cara yang originator tidak tidak mengantisipasi, dan karena peserta yang berbeday tingkat keterampilan informasi. 

 

Potensial konflik pada GSS

Permasalahan yang mungkin timbul dalam GSS adalah karena digunakannya berbagai metode baru untuk mengorganisir dan melaksanakan rapat, pertemuan/meeting maka mungkin ada keengganan atau penolakan di awal dari penggunaan GSS ini. Berbagai teknik seperti teknik fasilitasi, brainstorming, dan atmosfir yang terbuka dan transparan harus mulai dikembangkan sebagai langkah awal untuk menggunakan GSS ini. 
GSS terdiri dan suatu perangkat lunak, perangkat keras, komponen bahasa, dan prosedur, yang mendukung suatu kelompok orang yang sedang terlibat dalam pertemuan yang ada hubungannya dengan pengambilan keputusan. Sistem ini adalah sistem berbasis komputer yang memfasilitasi pemecahan atas masalah tidak terstruktur oleh suatu kelompok pengambil keputusan.
·         Terdapat Permasalahan Grup yakni :
- Partisipan berasal dari wilayah fungsional dan perspektif yang berbeda
- Walaupun perbedaan dapat memperkaya pertemuan tetapi dapat memperlambat pekerjaan
-Adanya fenomena:dominasi sebagian anggota,komunikasi antarpersonel yang jelek,takut mengekspresikan ide.
-  Adanya pelatihan ekstensif dan bantuan professional.
- Jika jumlah tim bertambah akan menambah pelatihan dan anggaran.


             GSS sangat menguntungkan bagi organisasi bisnis,  akademis organisasi, dan individu.Mereka memperoleh penerimaan sebagai komputer yang efekti berdasarkan alat komunikasi. Kerja tim dan keputusan yang dibuat oleh kelompok merupakan proses penting dalam perusahaan dan didorong dalam akademik pengaturan.Grup geografis komunikasi dapatseolah-olah mereka bersama-sama dalam satu lokasi di waktu yang sama. Organisasi-organisasi yang saat ini menggunakan sistem ini mengurangi biaya perjalanan sambil meningkatkan    produktivitas. Teknologi baru dan ditingkatkan            

fitur akan menarik organisasi yang saat ini tidak menggunakan sistem kelompok dukungan sehingga mereka dapat mengakui manfaat dari alat ini kolaboratif.       
Sejak organisasi bersaing secara global, GSS memfasilitasi  proses komunikasi baik dengan yang di dalam dan     luar organisasi. Ini adalah penggunaan berkembangnya


0 komentar:

Posting Komentar